7 Jajanan di Wisata Religi Sunan Muria - HOLA HALO | Pusat Informasi Traveler WISATA Kota KUDUS

7 Jajanan di Wisata Religi Sunan Muria

9:31 pm

7 Jajanan yang Bakal Kamu Temui di Wisata Religi Sunan Muria Kudus


Hola-Halo Travelers... ✋✋✋
Selain terkenal karena kreteknya, Kudus juga terkenal sebagai kota yang kental akan wisata religinya. Trav harus tahu, dua dari sembilan Wali Songo ada di Kudus lho. Nah, Hola-Halo Kudus akan ngebahas tentang wisata religinya nih. Eits, tapi bukan tentang tokohnya, melainkan kuliner khas wisata religi. Nah, saat Travelers berwisata ke Sunan Muria, pasti bakal menemukan 7 Jajanan yang wajib kamu coba.
Wisata Kudus sunan Muria jajanan
Jajanan Wisata Sunan Kudus

1. Parijoto

Sebelumnya kita sudah pernah ngebahas tentang khasiat buah yang satu ini di kolom lifestyle ya, Trav. Buah yang berwarna merah muda keungu-unguan ini emang terkenal karena kebiasaan Sunan Muria yang memberikan buah Parijoto kepada istrinya yang sedang hamil. Sampai sekarang, banyak pengunjung baik dari Kudus maupun luar Kudus datang ke Colo untuk memburunya lho.

2. Pisang Byar

Pisang yang terkenal karena ukuran panjangnya yang berbeda dengan teman-temannya ini di Kudus dikenal dengan nama Pisang Byar. Kalo nama pasarannya sih Pisang Tanduk. Daging pisang yang berwarna putih ini, biasanya dijajakan dengan cara digodog (direbus). Biasanya para pedagang membeli Pisang Byar justru dari pasar Bareng di kecamatan Jekulo, Kudus. Baru setelah itu diolah dan dijajakan di sepanjang wisata religi Sunan Muria. Pisang ini wajib Trav cobain tuh, jarang-jarang kan nemu pisang yang makan satu aja uda bisa bikin kenyang itu perut. haha

3. Pamelo Muria

Jeruk yang satu ini memiliki nama beken Jeruk Bali, tapi kalau di Kudus biasa dinamai Jeruk Pamelo Muria. Jeruk ini memang dikembangkan di daerah Muria. Makanya dinamakan Jeruk Pamelo Muria. Ukurannya yang besar biasanya menarik wisatawan yang ingin mencicipi sensasi kecut (asam), manis dan segarnya buah yang satu ini, Trav. Yakin masih gak mau coba?

4. Ganyong

Bagi sebagian orang kata Ganyong memang asing di telinga. Tahu Ganyong itu apa? Ganyong adalah sejenis tumbuhan penghasil umbi yang cukup populer lho. Umbi ganyong mengandung pati meskipun tidak sebanyak ubi jalar. Ganyong juga banyak di tanam di daerah Muria yang lembab, sesuai dengan tipikal tanah dan suhu tanaman Ganyong. Nah cobain deh Trav, ubi yang masih saudaraan sama ubi jalar ini.

5. Delima

Delima juga dapat Trav temui di sepanjang jalanan pasar souvenir menuju makam Sunan Muria lho. Meskipun bukan buah yang mendominasi dikembangkan di daerah Kudus, buah ini cukup diminati sebagai jajanan khasnya wisata religi Sunan Muria Kudus lho. Buahnya yang berwarna merah banyak mengandung vitamin C yang baik untuk kekebalan atau sistem imun tubuh, Trav.

6. Enthik (Talas)

Banyak yang tidak tahu Enthik itu apa ya, Trav. Enthik itu sejenis tumbuhan penghasil umbi. Selain akarnya yang dapat dimakan, daunnya juga dapat dijadikan sayur, yakni sayur lompong. Enthik biasa disebut dengan Talas, tapi masyarakat Kudus lebih menenalnya dengan sebutan Enthik. Jajanan ini merupakan salah satu juaranya jajanan yang diminati wisatawan di daerah Colo, Kudus. Jangan lupa cobain ya, Trav.

7. Sirsak

Mungkin banyak wisatawan yang gak asing dengan buah yang satu ini. Bagi vegetarian, buah ini banyak diminati karena rasa asamnya yang khas. Di sepanjang jalanan makam Sunan Kudus, banyak pedangang menawarkannya dengan harga yang dijamin lebih murah meriah dari harga umumnya lho. Nah, Trav, gak ada salahnya kan buah yang satu ini juga diincip-incip.

So, udah gak ada alasan ya Trav buat kamu untuk tidak menikmati wisata religi di Sunan Muria, Kudus. Selain menenangkan kalbu, pemandangannya bikin betah karena hamparan bukit nan hijau, jajanannya juga bikin lidah berwisata ya. Haha. Unik, menarik, dan Berbeda akan selalu Hola-Halo Kudus informasikan untuk Travelers selalu. Enjoy Your Time...

You Might Also Like

0 komentar

recent posts