Kamu Pendaki? Wajib Tahu 9 Tips Packing Carier - HOLA HALO | Pusat Informasi Traveler WISATA Kota KUDUS

Kamu Pendaki? Wajib Tahu 9 Tips Packing Carier

9:52 pm

Hola-Halo Travelers…✋✋

Weekend uda ada rencana mau kemana? Ayo ngaku, siapa nih yang suka naik gunung? Yups, naik gunung (muncak) sekarang sudah menjadi gaya hidup (lifestyle) kebanyakan orang ya Trav, apa lagi anak muda. Mendaki gunung emang bukan hal yang sulit tapi penuh tantangan lho. Selain dibutuhkan ketahanan fisik, ketrampilan bertahan hidup juga diperlukan untuk menekan risiko yang ada. Nah, Trav uda tahu dong kalau mau medaki gunung tas apa yang harus dibawa? Carier adalah jawabannya. Trav, perlu tahu nih tips packing carier dari Hola-Halo Kudus biar naik gunung jadi enteng.


9 Tips Packing carier
Tips packing carier

1. Buat List Perlengkapan yang Akan Dibawa
Tips pertama. Trav, kamu perlu buat list perlengkapan yang bakal kamu bawa untuk mendaki gunung. Karena apa? List ini bergantung pada lama dan dengan berapa orang kamu mendaki, sehingga pengaruh pada barang bawaan. Semakin banyak teman mendaki semakin ringan beban  barang bawaan yang dibawa setiap orang. Barang bawaan yang perlu dibawa mulai dari barang wajib, penting, hingga darurat lho Trav. Membuat list perlu kamu lakukan untuk menolak lupa dan mengefisienkan perjalanan.

2. Pilih Carier Sesuai Keperluan dan Bentuk Tubuh
Setelah membuat daftar barang bawaan, saatnya Trav memilih tas carrier yang sesuai. Pemilihan carier harus memperhatikan berapa lama mendaki, banyak bawaan, kekuatan, dan kenyamanan punggung selama mendaki. Nah, cara menguji kekuatan dan kenyamanan punggung bisa dengan cara mengisi carier dengan penuh dan mencobanya. Jangan dipaksakan lho, mending bagi barang bawaan dengan teman mendaki yang lain.

3. Lapisi Bagian Dalam Carier dengan Plastik Sampah
Tips mempacking carier yang ketiga yakni melapisi bagian dalam carier dengan plastik, biasanya sih plastik sampah. Selain sebagai antisipasi barang bawaan biar tidak basah karena hujan. Saat cuaca mendukung, tas sampah juga dapat digunakan untuk menampung sampah Trav saat turun gunung lho. So, cukup nyampah di akun medsos, jangan gunung ya Trav, hehe.

4. Jadikan Matras Sebagai Pembentuk Carier yang Ideal
Tahukah kenapa matras perlu dimasukkan ke dalam tas carier? Selain untuk memebentuk carier agar tidak mletat-mletot  (tak berbentuk). Matras ini juga dapat difungsikan jika Trav gak punya plastik sampah. Ada juga sih yang naruh diatas carier, tapi ini juga tidak efisien saat melewati medan yang penuh ranting, karena bisa menjadi penghambat saking seringnya nyangkut.

9 tips packing carier
Tips packing carier

5. Tempatkan Barang Sesuai Urutan
Sebenarnya, dalam mem-packing barang bawaan dalam tas mendaki ada urutannya. Bagian bawah biasanya diisi dengan barang-barang yang ringan seperti  slepping bag, jaket, dsb. Bagian tengah diisi dengan stok logistik seperti mie instan, air, roti dan peralatan memasak. Sedangkan bagian atas diisi dengan peralatan penting seperti P3K, kompas, dan lainnya, tujuannya biar mudah diambil sewaktu-waktu.

6. Seimbangkan Posisi dan Berat Carier
Menyeimbangkan posisi dan berat carier sangat diperlukan ya, Trev. Usahakan sebisa mungkin saat tas carier dilepas, ia tidak jatuh. Nah itulah indikasi jika carier dalam keadaan berat dan posisi seimbang. Hal ini bertujuan agar saat memanggul tas dalam pendakian punggung terasa nyaman dan perjalanan menjadi lancar.

7. Manfaatkan Cover Carier
Ngapain ada cover tas tapi gak dimanfaatin? Masih perlu trush bag? Ini pertanyaan yang salah ya, Trav. Kenapa? Karena cover carier tidak menutupi secara keseluruhan. Tahu gak kenapa tas carier dan peralatan mendaki biasanya berwarna mencolok? Alasannya agar mudah dikenali saat terdapat kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. So, selain sebagai pelindung utama carier saat hujan, warna yang mencolok pada cover bertujuan agar mudah dikenali ya, Trav.

8. Sisipkan Biodata Diri dalam Carier
Sama seperti cover tas, dalam packing carier kita juga perlu memasukkan data diri. Selain sebagai pengenal atau tanda kepemilikan, Biodata diri juga diperlukan saat ada kejadian/ musibah yang tidak diinginkan. Si empunya barang bisa dikenali dan juga agar tidak tertukar dengan ta scarier yang lain.

9. Jangan Biarkan Ruang Kosong dalam Carier
And the last tips nih, jangan pernah biarkan ada ruang kosong. Biasanya, ini terjadi pada pendaki pemula. Banyak yang belum mengetahui cara mem-packing carier yang benar. Untuk menghindari adanya ruang kosong, barang bawaan seperti pakaian, jaket dan teman-temannya bisa kamu packing dengan cara menggulung kecil. Ini adalah salah satu trik memadatkan tempat.


So, udah gak bingung kan sekarang cara packing tas carier kamu, Trav? Ada baiknya bagi pemula ajak leader yang uda berpengalaman dengan medan. Selain persiapan fisik, psikologis untuk tidak menyerah saat capek melanda juga sangat dibutuhkan lho. Anggap aja perjalanan mendaki gunung itu seperti kehidupan, pasti bakal nemu indahnya juga. And bagi pemula, di Kudus ada baiknya mulai dari gunung yang ketinggiannya biasa aja. Puncak 29 di gunung muria bisa jadi track yang bagus buat kamu coba nih Trav, silakan mencoba..

You Might Also Like

1 komentar

  1. Saya melah belum pernah mendaki. Karena badan nggak kuat, mungkin ada triknya min ?

    ReplyDelete

recent posts