3 HAL UNIK DIBALIK TARI KRETEK KUDUS - HOLA HALO | Pusat Informasi Traveler WISATA Kota KUDUS

3 HAL UNIK DIBALIK TARI KRETEK KUDUS

10:08 pm

DIBALIK INDAHNYA TARI KRETEK

Hola-Halo Travelers…✋✋✋

Trav, kali ini Hola-Halo Kudus bakal menginformasikan seputar budaya yang ada di Kudus ya.. Budaya di Kudus emang banyak ya Trav, salah satu yang bakal kita bahas kali ini yakni tarian. Di Kudus salah satu tarian khasnya adalah Tari Kretek. Yang terkadang ditampilkan pada Karnaval di Kudus Nah, di balik gerakannya yang lincah nan indah, ada hal-hal unik yang perlu Trav ketahui.
Baca juga : 3 Hal yang luput dari Kudus Cultural Festival
Tarian Khas Kudus adalah Tari Kretek
Tari Kretek Kudus

1. Pencipta

Tari Kretek biasa diselenggarakan saat acara-acara kebudayaan dan acara penyambutan ya, Trav. Tarian ini diciptakan oleh Endang Tonny, pemilik sanggar seni Puring sari atas permintaan Gubernur Jawa Tengah saat hendak meresmikan museum Kretek. Akhirnya Endang Tonny berkunjung ke salah satu pabrik untuk melihat secara langsung proses pembuatan rokok. Dari sinila Tari Kretek terilhami untuk diciptakan. Tarian ini populer sejak tahun 1985, dan hingga kini dijadikan tarian khas daerah Kudus.

2. Nama Lain

Tahukah kamu Trav, jika nama lain dari tari kretek adalah Tari Mbatil. Nama ini diberikan sebagai representasi dari buruh rokok yang bekerja mengguntingi atau merapikan ujung-ujung rokok. Sedangkan sang mandor adalah bos yang mengawasi buruh rokok dan mempunyai kuasa untuk menyortir (menyeleksi) rokok garapan buruh. Ini tergambar dari penari yang terdiri dari perempuan dan laki-laki. Namun, saat nama Mbatil kurang begitu familier, maka nama Tari Kretek yang lebih populer untuk digunakan.

3. Makna Lagu Pengiring Tarian

Tari Kretek menceritakan proses pembuatan rokok mulai dari pemilihan tembakau hingga rokok siap dipasarkan. Isi atau makna yang digerakkan oleh penari menjadikan penari laki-laki yang disimbolkan sebagai mandor agar tertarik kepada buruh mbatil. Hingga akhirnya mandor yang tergoda akan lupa untuk menyortir rokok hasil garapan. Gerakan tari yang rancak nan lincah tidak lepas dari iringan music gamelan yang mengalun. Tahukah kamu Trav, ternyata lirik lagu pengiring tarian kretek menceritakan macam-macam rokok yang ada di Kudus nih.

So, kalau Travelers ingin menonton Tari Kretek secara lagsung, buruan traveling ke Kudus saat acara kebudayaan digelar ya. Trav bisa kunjungi kolom agenda atau news untuk memudahkan Trav melihat jadwalnya. Kami Hola-Halo Kudus akan menginformasikan segala hal mengenai Kudus. See ya..

You Might Also Like

0 komentar

recent posts