9 Daftar Air Terjun di Kudus, Asli Surga Dunia - HOLA HALO | Pusat Informasi Traveler WISATA Kota KUDUS

9 Daftar Air Terjun di Kudus, Asli Surga Dunia

11:58 pm

Hola-halo Travelers...✋✋✋

Sudah akhir tahun nih... Sudah tau mau kemana? Bagi kalian travelers sejati, uda nyobain air terjun di Kudus? Let's check this one...

1. Air Terjun Monthel, Colo

wisata alam kudus adalah air terjun monthel colo
Wisata Air Terjun Monthel, Colo Kudus
Sumber gambar: @mochammadbo

Trav, Kudus emang gak punya pantai ya. Secara kudus punyanya gunung, yakni gunung muria. Tapi jangan sedih, karena kudus menyimpan  banyak keindahan.
Salah satunya yang paling terkenal yaitu air terjun Monthel. Bagi wisatawan yang ke daerah Colo untuk berwisata religi di makam Sunan Muria, biasanya sih menyempatkan diri untuk wisata ke air terjun yang satu ini. Karena tempatnya yang masih dapat dijangkau di satu lokasi. 

2. Air Terjun Watu Gompeng, Kuwukan Dawe

hola halo, potensi wisata alam kudus adalah air terjun watu gompeng, kuwukan dawe kudus
Wisata Air Terjun Watu Gompeng, Kuwukan
Sumber gambar: @coxiucox
Air terjun di Kudus yang kedua, yakni di bawah kaki gunung Muria. Air terjun Watu Gompeng, tepat di desa Kuwukan, kecamatan Dawe-Kudus. Petunjuk menuju lokasi jika dari kota ialah menuju Dawe, Muria. Sebelum bank BRI Colo ada pertigaan belok kanan ikuti papan petunjuk. Dari pertigaan, jalanan mulai menurun berkelok, sempit, dan tajam. So, travelers mending gak usah naik mobil ya, Trav. Lokasi parkir yang disediakan masih di halaman sekitar warga. Jadi kita mesti jalan kaki sekitar sepuluh menit menuju lokasi. Tenang Trav, perjalanan lelah bakal terbayar dengan suguhan gemericik air terjun Watu Gompeng yang segar.

3. Air Terjun Gonggomino, Japan, Dawe

hola halo, potensi wisata kudus adalah air terjun gonggomino, japan Kudus
Wisata Air Terjun Gonggomino, Japan
Sumber gambar: @deliamadi

Dawe merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kudus. Dan, setelah di eksplore, Kudus terutama Dawe menyimpan banyak air terjun. Jika air terjun Monthel harus ditempuh dengan jalan setapak yang rimbun pepohonan, air terjun Gonggomino dapat ditempuh dengan menyusuri sungai di kawasan tersebut. Air terjun ini masih satu kawasan dengan air terjun Monthel. Jadi bagi Trav yang ingin berlama-lama bermain air, bisa ning langsung menuju air terjun Gonggomino.


4. Air Terjun Kedung Gender, Dawe

wisata alam kudus adalah air terjun kedung gender
Wisata Air Terjun Kedung Gender, Dawe
Sumber gambar: @denisauruz

Air terjun Kedung Gender berada di dukuh Waringin, Dawe-Kudus. Air terjun ini dapat diakses melalui dukuh Ceglik di desa Japan. Sesampainya di desa Japan, akan ada banner atau papan petunjuk untuk menuju lokasi. Sama seperti tempat wisata yang lain, air terjun Kedung Gender juga memiliki tempat parkir di halaman warga. Dari tempat parkir menuju lokasi akan memakan waktu sekitar sepuluh menit dengan menapaki hutan. Setelah terlihat aliran sungai, maka itu adalah pertanda kamu sudah dekat dengan lokasi, Trav.


5. Air Terjun Dong Paso, Dukuh Waringin Dawe

Wisata Air Terjun Dong Paso, Dukuh Waringin
Sumber gambar: @ediprazt @rizki_bekudaksetumatpati

Kudus merupakan sebuah kabupaten yang berbatasan langsung dengan kabupaten Jepara. Nah, tepat di hutan lindung kecamatan Batealit di bawah pegunungan Muria, terdapat sungai Kedung Paso. Konon, nama tersebut diambil karena terdapat sejumlah kubangan air yang terbentuk dari sisi-sisi bebatuan atau tebing sungai menyerupai wadah air. Dalam bahasa Jawa "kedung" berarti sungai, sedangkan "paso" memiliki arti wadah atau tempat air berukuran besar. Dan, memang benar, saat Trav sampai di tempat ini, kamu serasa memiliki bathup alami.

6. Air Terjun Kalibanteng, Rahtawu, Dawe

Wisata Air Terjun Kalibanteng, Rahtawu Dawe
Sumber gambar: @alvienz_07

Air terjun Kalibanteng juga memiliki julukan Sendang Jodho. Uniknya, air terjun ini bertingkat-tingkat, sehingga memiliki kubangan air yang berbeda-beda. Tingkat pertama ini pun terdiri dari tiga air terjun yang berundak. Terdapat kubangan cukup besar di setiap jatuhan airnya. Tingkat kedua berada di atas lokasi pertama. Jika ingin mencapai lokasi ini harus naik melewati jalan setapak yang tidak terlalu jauh pun curam. Air terjun di sini tidak terlalu tinggi. Namun arealnya cukup luas. Kubangannya pun cukup besar, sehingga bisa digunakan untuk mandi. Tingkat ketiga ini juga mempunyai air terjun yang tidak terlalu tinggi. Untuk mencapai lokasi ini harus memanjat tebing batu dari lokasi kedua. Hati-hati karena tebing ini cukup curam dan licin. Tingkat keempat, air terjun di lokasi terhimpit di antara bebatuan tebing. Alirannya pun terlihat kecil. Unik ya wisata air terjun ini, Trav.


7. Air Terjun Pengantin (Kembar), Piji, Dawe

wisata alam, wisata air terjun pengantin piji dawe kudus
Wisata Air Terjun Pengantin, Piji Dawe
Sumber gambar:@pray_ardiyan




Uniknya dari air terjun ini adalah air yang mengalir ke kubangan terbelah menjadi dua bagian. Sehingga warga sering menamainya sebagai air terjun kembar atau pengantin yang terlihat sepasang. Air terjun berada di daerah Piji, Dawe-Kudus. Di bawah kaki gunung Muria.

8. Air Terjun Terban, Kancilan, Jekulo

potensi wisata alam kudus adalah wisata air terjun terban
Wisata Air Terjun Terban
Sumber gambar: @faridbrawijaya
Air terjun yang kedelapan ini memang tidak setinggi air terjun yang ada di daerah Dawe ya, Trav. Tepat berada di bawah gunung Patiayam yang berbatasan dengan Kabupaten Pati, air terjun ini biasanya dinikmati remaja sepulang sekolah. Karena aksesnya yang tidak terlalu lama. Disarankan jangan memakai mobil ya, Trav. Air terjun ini berada di Terban kecamatan Jekulo-Kudus.

9. Air Terjun Ternadi, Dawe

wisata alam kudus adalah wisata air terjun ternadi
Wisata Air Terjun Ternadi
Sumber gambar: @alba_wlc
Ini adalah yang terahir dari 9 air terjun di Kudus. Satu lagi air terjun di Dawe yakni air terjun Ternadi. Air terjun ini tepat berada di makam Kaliyetno berjalan Watu Payung. Trav bisa menyusurinya kurang lebih 15 menitan kanan jalur trek arah Watu Payung Ternadi.

Udah tuh Trav, uda ada 9 daftar Air Terjun di Kudus. Buruan cobain. Berlibur gak perlu yang mewah-mewah yang penting meriah bersama teman, keluarga, ataupun si dia. Tungguin postingan Hola-Halo Kudus yang lain ya, Trav..


Happy Holiday, Travelers.....
Enjoy your time in Kudus, see ya.....



You Might Also Like

0 komentar

recent posts