3 Keunikan Kopi Jetak, Khasnya Kudus - HOLA HALO | Pusat Informasi Traveler WISATA Kota KUDUS

3 Keunikan Kopi Jetak, Khasnya Kudus

4:33 pm

Hola-Halo Travelers...✋✋✋


Trav, tiap daerah biasanya punya kuliner khasnya masing-masing... Salah satu yang khas dari masing-masing yakni kopinya. Nah, di Kudus ada Kopi yang khas banget, yakni Kopi Jetak. Nama Kopi Jetak diambil dari daerah tempat kopi ditemukan. Tepat di dukuh Jetak desa Kedungdowo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus, Kopi Jetak tercipta. Konon kopi ini ada sejak tahun 1977 nih Trav. Selain nikmat dan aromanya yang khas, kopi Jetak punya beberapa keunikannya lho. Kepoin rangkuman Hola-Halo Kudus tentang Kopi Jetak yuk..

Hola halo kudus kopi jetak khas kuliner kudus
Kopi Jetak Kudus dok:koran muria

1. Tetap dapat dikonsumsi bagi penderita maag

Padahal kopi biasanya dilarang bagi penderita penyakit maag kan ya? Nah, kopi Jetak dari Kudus tetap dapat dikonsumsi sekalipun kamu penyakit maag nig Trav. Kenapa? Karena kopi Jetak disajikan masih murni 100% kopi tanpa campuran. Bagi kalian yang kurang terlalu suka pahitnya, bisa nih ditambah gula. Tapi, saya sarankan jangan terlalu banyak. Berdasarkan pengalaman dari beberapa penikmat kopi Jetak, kopi ini lebih enak jika disajikan tidak terlalu manis.

2. Tradisional Pengolahan

Keunikan yang kedua, kopi Jetak dari Kudus ternyata masih mempertahankan pengolahan dengan cara tradisional, yakni dengan menggunakan kayu dan alat sederhana. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kehitaman dan rasa khas kopi. Sehingga saat penyeduhan, konsumen tidak akan merasa kecewa. Karena bagi penikmat kopi, tentu rasa dan aromalah yang dicari. Bener gak Trav?

3. Hitam dan Halus

Kopi Jetak biasanya menggunakan jenis kopi arabika. Kopi ini banyak tumbuh di lereng gunung Muria. Nah, kopi Jetak ini terkenal dengan warna hitamnya yang pekat dan terstruktur bubuk kopinya yang sangat halus, Trav. Untuk menikmati segelas kopi Jetak di Kudus, Trav cukup merogoh kocek Rp. 2.000. Terjangkau banget kan? Biasanya produsen kopi Jetak rumahan, mengemas kopi ini dalam bungkus yang sangat sederhana, yakni di bungkus plastik. Harga eceran kewarung-warung biasanya Rp. 1.000. sudah termasuk gulanya. Duh, kebangetan ini harganya. Haha.
Hola halo kudus kopi jetak kuliner khas kudus
Kopi Jetak Khas kudus. Dok: Koran Muria


Kamu penikmat kopi tapi belum nyobain kopi Jetak?Yakin gak mau mampir ke Kudus? Kopi Jetak khas Kudus emang wajib Traveler coba sebagai salah satu kuliner khasnya Kudus. Selamat menikmati

You Might Also Like

0 komentar

recent posts