3 Hal Pembeda Batik Kudus dengan Batik Lainnya - HOLA HALO | Pusat Informasi Traveler WISATA Kota KUDUS

3 Hal Pembeda Batik Kudus dengan Batik Lainnya

5:04 pm

Hola-halo Travelers… ✋✋✋
Yuhuuuu liburan telah usai, hehe. Gantian yuuks sekarang tengok-tengok Hola-Halo Kudus. Nah, bagi Ratu Rumah Tangga dan Putrinya boleh nih tengok-tengok tentang Batik Kudus. Berikut 3 Hal yang wajib Traveler ketahui tentang batik Kudus. Check This Out


1.     Sejarah
Trav, batik Kudus aslinya sudah ada semenjak tahun 1935. Batik Kudus sudah mulai berkembang pesat pada era 1970an. Namun sayang, batik Kudus mengalami kemunduran sekitar tahun 1980-an. Banyak pengrajin batik Kudus yang akhirnya gulung tikar karena adanya batik printing dan perkembangan industri rokok di Kudus. Akhirnya banyak masyarakat yang lebih memilih menjadi buruh pabrik rokok daripada memilih menjadi pembatik yang mulai tidak memiliki harapan.


2.     Penggolongan Corak
Jika dilihat dari corak, batik Kudus merupakan perpaduan antara batik pesisiran dan batik mataraman (batik sogan). Mengapa? Karena jika dilihat, batik Kudus coraknya lebih condong ke batik pesisiran ada kemiripan dengan batik Pekalongan maupun Lasem karena secara geografis Kudus berdekatan. Namun secara motif yang dibuat lebih kearah perpaduan antara batik pesisir dengan batik mataraman.






3.     Motif
Kudus, sama halnya dengan daerah-daerah di Jawa lainnya. Di Kudus akultulturasi budaya berasal berbagai latar belakang, seperti Cina, Hindu, dan Arab (Islam). Oleh karenanya banyak motif batik Kudus yang memiliki perpaduan diantaranya. Beberapa motif batik khas Kudus diantaranya:
·        Merak Pelataran Beras Kecer
·        Sinom Parijoto
·        Pakis Haji
·        Kapal Kandas
·        Bulusan
·        Menara Kudus

Travelers harus tahu, Batik Kudus tidak hanya digemari oleh desainer-desainer local. Desainer kondang seperti Ivan Gunawan ternyata juga melirik batik Kudus lho. Beberapa hasil desain menggunakan batik Kudus telah digelar oleh Ivan Gunawan dalam berbagai pagelaran Fashion Show.


Tuh kan, budaya di Kudus memang tidak ada habisnya untuk dibahas ya, Trav. So, buruan dating ke Kudus. Nikmatik wisata, Kuliner, Budaya, dan Keramahannya untuk mengenal lebih dekat melalui Hola-Halo Kudus tentunya. Let’s come to Kudus Travelers… 

You Might Also Like

0 komentar

recent posts